MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MONTASE PADA KELOMPOK B

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   MAULIA DEBRIA K, YAYA NURHAYATI
Keyword(s):
  keterampilan motorik halus, kegiatan montase.
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halusmelalui kegiatan montase pada anak usia dini di kelompok B Kober Kepik BNC Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Kober Kepik BNC berjumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan motorik halus anak mencapai >80% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian keterampilan motorik halus Pra Tindakan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 35%. Hasil penelitian Siklus I kriteria cukup dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 53%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 88%. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan montase dengan berbagai media gambar yang sudah ada dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yang digunakan di kegiatan montase, (2) memberikan contoh cara menggunting dan menempel sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yang digunakan dalam kegiatan montase secara proporsional, anak diperkenankan melakukan kegiatan montase (menggunting dan menempel dengan berbagai media gambar yang sudah ada sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -