MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   SOBRI MZ, IDAH ROSIDA
Keyword(s):
  kedisiplinan, peran, tindakan.
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendisiplinkan anak usia dini. Hal ini dikarenakan kegelisahan peneliti yang melihat kenyataan yang ada dilapangan cenderung banyak orang yang belum bisa melaksanakan kedisiplinan diri baik anak, remaja maupun orang dewasa. Peneliti khawatir jika hal ini dibiarkan akan semakin parah. Peneliti berpendapat dengan meningkatkan kedisiplinan melalui metode bermain peran yang diberikan sejak dini. Oleh karena itu, salah satu solusi atau cara untuk mendisiplinkan anak usia dini melalui metode main peran. Secara umum penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran secara aktual dan faktual mengenai perkembangan kedisiplinan anak usia dini setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode bermain peran .Penelitian dilakukan secara klasikan kepada anak-anak PAUD Flamboyan III sebanyak 20 orang. Hal ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode main peran terhadap peningkatan kedisiplinan yang dikuasai oleh anak dalam bermain peran dalam waktu yang relatif singkat. Hasil ini menjawab persoalan bahwa metode bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam membantu meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode bermain peran dalam pembelajaran serta media. Metode bermain peran menjadi satu kesatuan yang saling mendukung sehingga berjalan optimal dalam mengefektifkan tingkat kedisiplinan anak usia dini.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -