MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK A

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   SRI PRATINI, JONI TESMANTO
Keyword(s):
  Keterampilan Berbahasa, Metode Bercerita
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bagaimana mengembangkan keterampilan berbahasa melalui metode bercerita di PAUD Tunas Bangsa Jakarta Timur. Untuk memperoleh data dipergunakan kisi- kisi instrumen dari teori para ahli dan sudah di validasi oleh pakar PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) menggunakan model tindakan desain Kemmis dan Mc Taggart dengan jumlah sample 10 siswa di paud tunas bangsa jakarta timur. Data yang diperoleh melalui observasi lapangan dan lembar observasi siswa di kelompok A PAUD Tunas Bangsa. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa keterampilan berbahasa yang diajarkan dengan strategi menggunakan metode bercerita mengalami peningkatan yang signifikan. Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan keterampilan berbahasa mengalami peningkatan dari pra siklus, sikllus I, siklus II. Persentase pra siklus rata-rata 34% mengalami peningkatan 17% pada siklus I menjadi rata-rata 51% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus ke-2 45% menjadi hasil rata-rata 97%. Hal tersebut diperkuat adanya kejadian yang muncul pada siswa yaitu siswa antusias menjawab peranyaan guru, sudah mandiri mengerjakan tugasnya, sudah fokus mendengarlan cerita guru.hasil Penelitian ini menunjukkan metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbahasa di PAUD Tunas Bangsa jakarta timur dan metode bercerita dapat digunakan sebagai kegiatan pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa PAUD Tunas Bangsa .
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -