MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI LINGKUNGAN SEKITAR

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   USWATUN HASANAH, YESSI MARLINA
Keyword(s):
  -
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan dan untuk mengetahui apakah kegiatan mengenal lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak PAUD Al-Qonaah, Muncang-Lebak Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak PAUD Al-Qonaah, Muncang-Lebak. Adapun data yang diperoleh dinamis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif, dan tingkat keberhasilan dari pemberian tindakan terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan adalah sebesar 15%. Hasil dari analisis data penelitian diperoleh hasil pra penelitian sebesar 49,40%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 83,90%. Karena belum memenuhi target dari tingkat keberhasilan, maka penelitian dilanjut pada siklus II dengan perolehan hasil 88,50%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan mengenal lingkungan sekitar di sekolah merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Qonaah Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -