MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5 6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   YAYAN SOFYAN SURI, WIWIK KARMILA
Keyword(s):
  anak usia dini, membaca permulaan, kartu bergambar.
DOI:
 
Abstract :
  
Peningkatan kemampuan bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan kemmapuan membaca dan menulis awal anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian kelompok B Paud Negeri Terpadu Tertatai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yaitu suatu penelitian yang menempuh langkah-langkah yang dilakukan secara siklus. Peneliti menetapkan 2 siklus dalam melakukan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil analisis kuantitataif penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan yang cukup besar, berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan dari pra-penelitian sampai siklus I dan siklus II. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 93,26% mengalami peningkatan persentase kemampuan membaca dari hasil observasi pra-penelitian sebesar 61,5% yang pada awalnya persentase pra-penelitian sebesar 42,75%. Berdasarkan data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kegiatan pembelajaran permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Negeri Terpadu Teratai Kecamatan Kalangnyar Kabupaten Lebak Propinsi Banten.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -