MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   ANDRIYANA, ENIH HERYANI
Keyword(s):
  kemandirian, kegiatan bermain, bermain peran, tindakan.
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Ar-Ridhwan, Tangerang selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak kelompok A TK Ar-Ridhwan, Tangerang selatan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak mulai dari pra-penelitian sampai siklus 2 yaitu sebesar 80%. Berdasarkan kesepakatan peneliti bersama kolaborator keberhasilan tindakan dapat terjadi jika ada peningkatan kecerdasan interpersonal anak minimal 70 %. Pada penelitian ini, peningkatan kemandirian anak sudah berhasil melampaui 70%. Hasil penelitian ini memberikan arti penting, bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -