UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI MEDIA KARTU HURUF

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   EFFENDI, EKA DEVITA
Keyword(s):
  Pembelajaran Angklung Diatonis, Keterampilan Bermain Musik, PTK
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang ditemukan di PAUD Nurul Falah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya yaitu keterampilan bermain musik yang kurang berkembang dengan baik. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah 1. Bagaimana kondisi objektif keterampilan bermain musik anak kelompok B di PAUD Kober Nurul Falah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya?, 2. Bagaimana penerapan pembelajaran angklung diatonis dalam rangka meningkatkan keterampilan bermain musik anak kelompok B di PAUD Kober Nurul Falah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya?, 3. Bagaimana peningkatan keterampilan bermain musik anak kelompok B di PAUD Kober Nurul Falah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya setelah diterapkan pembelajaran angklung diatonis? Dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pembelajaran angklung diatonis untuk meningkatkan keterampilan bermain musik anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di PAUD Kober Nurul Falah Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 17 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi leteratur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran angklung diatonis mengalami peningkatan dalam hal kemampuan dasar bermusik, antara lain kemampuan mendengar; peka terhadap syair dan pesan lagu dalam pembelajaran angklung, tepat menirukan ketukan dan nada angklung. Kemampuan meragakan; bernyanyi sesuai nada dan irama, memainkan lagu dengan angklung. Kemampuan berkreativitas; kemampuan berkreasi dalam mengungkapkan isi dan pesan musik dengan perbuatan berupa nyanyian, gerakan dan permainan alat musik angklung atau mengkolaborasikannya. Hal ini juga didukung oleh persentase peningkatan jumlah anak yang dikategorikan baik (sesuai indikator dalam kegiatan). Pada siklus pertama 21%, siklus kedua 52% dan siklus ketiga 72%. Rekomendasi bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran angklung antara lain guru hendaknya memiliki kemampuan dasar bermusik serta menggunakan media yang sederhana dan mudah dimainkan oleh anak.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -