PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   NITA PRIYANTI
Keyword(s):
  Keterampilan berbicara, metode bermain peran mikro.
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro yang dipelajari di di TK MELATI jl. Babakan Tarogong no.231 Bandung. Kemampuan berbicara anak - anak disekolah ini belum optimal, ini dilihat pada saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru,dimana terdapat sebagian anak tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana dari guru seperti: guru bertanya apa saja yang dipelajari hari ini, sebagian anak tidak merespon pertanyaan yang diberikan guru, anak cenderung diam. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah - langkah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro di di TK MELATI jl. Babakan Tarogong no.231 Bandung. Pemecahan masalah dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dengan 3 siklus yang berhungungan satu sama lain dan siklus selanjutnya merupakan perbaikan dari siklus sebelumnya. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan dikelompok A dengan jumlah anak sebanyak 10 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap persiapan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro di di TK MELATI jl. Babakan Tarogong no.231 Bandung. Terjadi peningkatan pada setiap siklus, ini dilihat pada siklus 1 peningkatan keterampilan berbicara pada anak sebesar 24%, dan terus mengalami pada siklus ke II keterampilan berbicara pada anak sebesar 66,66% dan siklus ke III keterampilan berbicara pada anak sebesar 85,18%.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -