UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA BERGAMBAR PADA ANAK

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   DIDIN SYAFRUDIN, YUNINGSIH
Keyword(s):
  Kemampuan Berbahasa, Media Bergambar,PTK
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengembangkan kemampuan berbahsa dalam berbicara untuk anak sejak dini agar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dan demi mengembangkan kemampuan berbahasa anak pada umumnya. Pemersalahan yang terjadi di Kelas Bermain TK Insan Kamil Tahun Ajaran 2013-2014 adalah anak kurang mempunyai banyak kosa kata baru, kurangnya komunikasi antara teman dan orang tua terhadap anak dan masih adanya ketidakjelasan berbicara pada anak.Tujuan umum pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran perkembangan bahasa dengan mengunakan media bergambar, untuk mengetahui respon anak setelah mengalami pembelajaran mengunakan media bergambar dan untuk mengetahui peningkatan bahasa anak setelah mengalami pembelajaran menggunakan media bergambar. Subjek penelitian ini adalah kelas bermain TK Insan Kamil Tahun Ajaran 2013 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 14 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media bergambar pada Kelompok Bermain TK Insan Kamil tahun pelajaran 2013-2014 pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase pada siklus I 64,28% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan karena ada penyempurnaan dari beberapa kekurangan siklus I pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui media bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak Kelompok Bermain TK Insan Kamil Bogor tahun pelajaran 2013-2014. Saran dari hasil penelitian ini adalah hendaknya para pendidik anak usia dini menetapkan metode pembelajaran yang variatif, sehingga anak-anak dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat dan meningkatkan kemampuan yang dimilikinya serta melakukan refleksi tentang kelebihan dan kekurangan dalam mengajar dan berdiskusi dengan teman sejawat untuk menentukan tindakan perbaikan.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -