MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   NURLELA HAMIDAH, UTI ERAWATI
Keyword(s):
  Anak Usia Dini, Bermain Peran, Keterampilan Sosial,
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data secara empiris tentang peningkatan Keterampilan Sosial anak usia 4-5 tahun Metode Bermain Peran di TK Islam Nurul Aini Jati Asih Kota Bekasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kelompok A di TK Islam Nurul Aini Jati Asih Kota Bekasi, yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 5 orang laki-laki, dan penulis menetapkan seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Objek penelitian adalah Keterampilan Sosial anak yang meliputi kemampuan berinteraksi dengan teman dan lingkungannya, rasa percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 Siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Siklus I dilakukan dalam 5 pertemuan sedangkan Siklus II dilakukan dalam 5 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan Keterampilan Sosial anak. Hal ini dapat dari adanya peningkatan Keterampilan Sosial anak dari mulai pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II. Dari 10 anak yang dijadikan sampel penelitian, pada tahap pra siklus hanya 20% yang Keterampilan Sosialnya berkembang dengan sangat baik. Pada akhir siklus I, Keterampilan Sosial anak yang berkembang sangat baik meningkat menjadi 39%. Dan pada akhir siklus II, Keterampilan Sosial anak yang berkembang sangat baik meningkat hinga mencapai 77%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan Keterampilan Sosial Metode Bermain Peran di TK Islam Nurul Aini Jati Asih Kota Bekasi sudah berhasil dengan sangat baik.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description: