MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN STICK ANGKA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Categorie(s):
   PENDIDIKAN
Author(s):
   FITRIA BUDI UTAMI, EROS ROSMAYA
Keyword(s):
 
DOI:
 
Abstract :
  
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar Bebas di TK PGRI Mekar Tanjung Sindangmukti. Skripsi. Bekasi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Panca Sakti. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mengambar bebas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK PGRI Mekar Tanjung Desa Sindangmukti Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Tagart. Setiap siklus dilaksanakan dengan menempuh empat langkah utama yaitu : perencanan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Jumlah siklus yang digunakan adalah dua siklus.Subjek penelitian adalah peserta didik PAUD TK PGRI Mekar Tanjung Sindangmukti sebanyak 16 peserta didik. Media pengumpulan data dilaksanakan melalui lembar observasi dan test kegiatan menggambar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan motorik halus peserta didik anak di TK PGRI Mekar Tanjung Desa Sindangmukti, sebanyak 1 orang atau 6,25% peserta didik belum berkembang, 13 orang atau 81,25% peserta didik mulai berkembang, 2 orang atau 12,5% peserta didik berkembang sesuai Harapan. (2) Pelaksanaan Kegiatan menggambar bebas di TK PGRI Mekar Tanjung Desa Sindangmukti, diperoleh nilai bahwa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 14%, hal ini menjelaskan kegiatan menggambar bebas mendapat respon dari para peserta didik.Aktivitas guru dalam pelaksanaan kegiatan menggambar bebas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 11%. (3) Pengaruh menggambar bebas terhadap peningkatan motorik halus peserta didik TK PGRI Mekar Tanjung Desa Sindangmukti, berdasakan hasil observasi peserta didik Belum Berkembang (BB) pada siklus II tidak ada,. peserta didik tahap Mulai Berkembang (MB) siklus I terdapat 9 peserta 2 didik dan pada siklus II tidak ada, peserta didik Berkembang Sesuai Harapan (BSH) pada siklus I hanya 6 orang dan siklus II menjadi 11 peserta didik, sehingga dapat dinyatakan terjadi peningkatan 5 peserta didik. Sedangkan peserta didik yang berkembang Sangat Baik (BSB) dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan, yaitu pada siklus I tidak ditemukan satu peserta didikpun tetapi pada siklus II ditemukan 4 orang peserta didik.Sehingga secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa kegiatan menggambar bebas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran tentang peningkatan motorik halus peserta didik, maka diharapkan TK PGRI Mekar Tanjung sebagai penyelenggara pendidikan diharapkan dapat lebih memberikan keleluasaan dan penyediaan sarana pembelajaran, yaitu berupa alat peraga ataupun media pembelajaran lainnya guna tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan sekolah.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -