MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR (Penelitian Tindakan di Taman Kanak-Kanak Tunas Mulia)

Categorie(s):
  
Author(s):
   Veronica Meliana Sari, M.Pd
Keyword(s):
  minat, membaca, cerita bergambar
DOI:
 
Abstract :
  
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan buku cerita bergambar mampu mengembangkan minat baca anak (kemampuan bahasa) di Taman Kanak-Kanak Islam Permata Hati Desa Larangan Selatan Kecamatan Larangan Kabupaten Tangerang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, lokasi penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Islma Permata Hati Desa Larangan Selatan Kecamatan Larangan Kabupaten Tangerang. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa TK Islam Permata Hati sebanyak 20 orang siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran hasil sebelum tindakan mendapat presentase sebesar 40 %, pada Siklus 1 memperoleh hasil 60 % dan pada Siklus 2 mencapai hasil 90 % hal ini berarti terdapat peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan efektifitas dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui buku cerita bergambar. Hasil presentase kenaikannya dari pra siklus ke siklus I sebesar 20 %, dari siklus I ke siklus 2 sebesar 30 %. Dari data evaluasi hasil pembelajaran pada siklus ke-2 dapat dilihat adanya peningkatan pembelajaran dari siklus ke-I sebelumnya. Sebagian besar anak telah mencapai ketuntasan standar pembelajaran yaitu 18 anak diantaranya Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan 2 anak masih belum mencapai ketuntasan dalam kategori Mulai Berkembang (MB). Melihat hasil perolehan nilai secara klasikal pada dasarnya pembelajaran pada siklus ke-2 sudah dinyatakan berhasil karena mencapai hasil nilai klasikal 90 %, dari 20 anak. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dalam mengembangkan minat baca anak usia dini dapat meningkatkan kemampuan baca (bahasa) anak di Taman Kanak-Kanak Islam Permata Hati Kecamatan Larangan Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu kepada guru TK/RA hendaknya dapat menjadikan buku cerita bergambar sebagai variasi pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -