Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi antara cerita rakyat dan perkembangan moral anak usia 6 tahun di RA. Al-Baroqah Pakulonan. Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial. Sampel penelitian ini didapatkan mel

Categorie(s):
  
Author(s):
   WENING RAHAYU, S.S, M.PD
Keyword(s):
  kemampuan bahasa, bercerita, anak usia dini, tindakan.
DOI:
 
Abstract :
  
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan bahasa atau bicara anak melalui metode bercerita yang diterapkan pada kelompok A usia 4 -5 tahun di Paud Anggrek Karyaku. Data diperoleh dari hasil observasi, dan hasil pembelajaran yang disesuaikan dengan indikator keberhasilan, yang mengacu kepada kurikulum PAUD 2103. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan tindakan kemitraan atau penelitian kolaboratif yang dilakukan adalah berupa bentuk kerjasama antara guru sebagai pelaksanaan tindakan peneliti dan peneliti sebagai pengumpul data. Dengan jumlah siswa sebanyak delapan (8) anak yang ada pada kelas kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dengan menggunakan metode bercerita, terdapat peningkatan kemampuan bahasa yaitu pada Pra Siklus terlihat anak yang belum berkembang (BB) sebesar 47% , mulai berkembang (MB) sebesar 44% dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 8% sedang kan yang berkembang sangat baik belum ada. Setelah tindakan pada Siklus 1 mulai terlihat 43% anak yang mulai berkembang, 49% anak yang berkembang sesuai harapan, dan 8% anak yang berkembang sangat baik. Pada Siklus 2 perkembangan yang terlihat 35% anak yang berkembang sesuai harapan, dan 65% anak yang berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, bahwa dengan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -