PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN PEMBEKUAN ES DENGAN GARAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-ROHMAH JATIRAHAYU, PONDOK MELATI, BEKASI 2018

Categorie(s):
  
Author(s):
   DELINA KASIH
Keyword(s):
  Kemandirian, Kegiatan Pembekuan Es dengan Garam
DOI:
 
Abstract :
  
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan pembekuan es dengan garam dan proses kegiatan pembekuan es dengan garam dalam meningkatkan kemandirian anak. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok belajar Taman Kanak-Kanak dengan usia 5-6 tahun dengan jumlah siswa 15 pada bulan Maret sampai Mei 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II, untuk pra siklus dilakukan tiga kali pertemuan dan untuk siklus I dan II sebanyak enam kali pertemuan. Analisis data pada pertemuan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan deskriptif data penyampaian kemandirian anak pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Dan analisis kualitatif ditampilkan dengan adanya data presentasi pada peningkatan kemandirian anak dengan kegiatan pembekuan es dengan garam dengan presentasi pada pra siklus 45,83 %, presentasi siklus I 166,39% dan presentasi siklus II 87,50%. Dari hasil tersebut terlihat adanya peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan pembekuan es dengan garam pada anak usia 5-6 tahun di TK Ar-Rohmah, Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi.
 
ISSN:
  -
eISSN:
  -
Description:
  -